Breaking News
Loading...

Info Post

Bukti cinta bukan sekedar orang yang memiliki banyak uang

Bulandshahr - Taj Mahal di Agra, India, adalah monumen cinta paling terkenal di dunia. Hal itu mengilhami seorang pria miskin untuk membuat replika Taj Mahal karena cintanya pada sang istri. Uangnya habis untuk monumen tersebut.

Pria India itu bernama Faizul Hasan Kadari (77). Dia adalah seorang pensiunan tukang pos yang tinggal berdua dengan istrinya, Tajammuli Begum. Saat istrinya meninggal pada 2011 lalu, hati Faizul hancur.

Pasangan itu tak punya anak. Saat sekarat, istrinya berkata kepada Faizul kalau mereka akan terlupakan begitu saja. Tapi Faizul berjanji untuk membuat monumen atas nama istrinya, berharap dunia akan ingat pada mereka.

"Hari itu saya berjanji padanya, akan membuatkan monumen atas namanya sehingga dunia akan mengingat kami selamanya," kata Faizul, seperti dilansir dari Mail Online, Jumat (5/7/2013).

Pria itu kemudian menggunakan seluruh tabungannya untuk membuat replika Taj Mahal. Tanah dan perhiasan istrinya pun dijual. Dia mempekerjakan kuli bangunan setempat untuk membuat replika tersebut.

Sekarang, replika Taj Mahal berukuran 15x15 meter berdiri di halaman rumahnya. Tak ada pahatan dan ornamen, namun bentuknya benar-benar mirip Taj Mahal yang asli, lengkap dengan menara. Faizul menghabiskan 900.000 Rupee (Rp 148 juta) agar monumen itu dibangun sempurna.

Monumen cinta itu menyedot seluruh uang Faizul. Saat tabungannya habis, Faizul menggunakan uang pensiunnya. Namun dia percaya kalau cinta melebihi harta, seperti Raja Shah Jahan yang membuatkan Taj Mahal untuk istrinya. Semua itu dilakukannya demi janji dan rasa cinta kepada sang istri.

"Satu-satunya yang saya pikirkan sekarang, adalah menyelesaikannya sebelum saya meninggal," tuturnya.

Replika Taj Mahal yang belum selesai ini kini menjadi perhatian masyarakat di India, setelah diliput sejumlah media di India bahkan media luar negeri. Orang-orang pun berwisata ke kampung Faizul di Bulandshahr untuk melihat replika itu, sekaligus mengagumi kisah Faizul yang rela jatuh miskin demi membuktikan cintanya.