Breaking News
Loading...

Info Post


Planet ini dinamai KELT-6b ini bisa nampak dari permukaan Bumi selama lima jam ketika ia melakukan transit pada bintang induknya.

saturnus,dragon stormNASA/JPL-Caltech/Space Science Institute
Teleskop dengan ukuran tidak besar di Arizona (Amerika Serikat) dan Afrika Selatan berhasil menemukan planet mirip Saturnus di sebuah orbit bintang yang berjarak 700 juta tahun cahaya dari Bumi.

Para peneliti menemukan planet ini ketika melakukan transit di bintang induknya. Ia ditemukan menggunakan Kilodegree Extremely Little Telescope (KELT) dan tambahan beberapa perangkat darat.
Planet ini dinamai KELT-6b ini bisa nampak dari permukaan Bumi selama lima jam ketika ia melakukan transit. Durasi waktu ini termasuk singkat untuk menemukan planet yang belum pernah diketahui sebelumnya.
Planet ini diketahui berjarak dekat bintang induknya dan memiliki waktu satu tahun sama dengan 7,8 hari waktu di Bumi. Dan, meski tak memiliki cincin, massa dan ukuran KELT-6b menyamai Planet Saturnus.
Karen Collins, mahasiswa pascasarjana jurusan Astrofisika di University of Louisville, Kentucky, AS, menjadi pemimpin penelitian ini. Ia menggunakan Observatorium Moore milik University of Louisville untuk mengamati proses transit yang terjadi. Kemudian mengumpulkan data yang ada untuk menindaklanjuti penemuan awal.
"Untuk berpartisipasi dalam penemuan planet di sini, di Kentucky, adalah hal luar biasa untuk saya lakukan," kata Collins seperti dilansir Selasa (4/6) yang mempresentasikan planet ini dalam pertemuan American Astronomical Society ke 222, 2 - 6 Juni di Indianapolis.
Kemungkinan besar KELT-6b masih berelasi dengan HD 209458b, planet asing yang juga mengorbit dekat dengan bintang induknya. "KELT-6b adalah planet sepupu yang 'kekurangan besi' dari HD 209458b," papar Keivan Stassun, profesor astronomi di Vanderbilt University, Tennessee, AS.